Menu

300x250px

Manfaat Jahe

Manfaat Jahe putih untuk kesehatan yang paling banyak dikenal oleh masyarakat luas dan sudah dipercaya untuk kesegaran tubuh dan digunakan selama ratusan tahun yang lalu sebagai minuman penghangat tubuh. Tanaman yang termasuk salah satu rempah-rempah dari india ini banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia dan sudah sejak sangat lama dilestarikan dan tumbuh di Indonesia.

Tanaman ini memang terkenal memilihi rasa asli yang cukup pedas, maka tidak heran jika tanaman rempah yang satu ini memiliki efek penghangat yang sangat diminati. Tetapi untuk mendapatkan jahe dengan kualitas yang paling optimal adalah saat tanaman jahe tidak berumur terlalu tua, tapi juga tidak terlalu muda juga. Perlu ketepatan yang pas untuk dapat memanen agar mendapat hasil yang paling optimal.

Jahe merupakan tanaman akar yang pada usia sempurna untuk dipanen tidak dapat bertahan lama. Karenanya perlu untuk segera diolah agar nantinya dapat lebih bertahan lama. Hasil olahan jahe sudah tersedia dengan berbagai model, jenis tampilan dan bayak juga yang sudah dipilah sesuai fungsinya. Seperti berbagai jamu, minuman instan, permen, dikeringkan, minyak, dan berbagi model pengawetan yang lainnya.
Selain menghangatkan tubuh jahe juga memiliki manfaat yang lain, manfaat jahe rata-rata adalah untuk mencegah gangguan kesehatan dan juga untuk menambah ketahanan tubuh untuk beradaptasi pada suatu kondisi ingkungan.

Karateristik Tanaman Jahe
Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri jahe, diantaranya yaitu :
  • Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki rasa pedas dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman yang berkhasiat untuk menghangatkan badan
  • Tekstur tangkainya terdapat bulu-bulu halus
  • Daun pada tanaman jahe berbenmtuk menyerupai sirip dan memiliki ukuran panjang sekitar 15 sampai 23 mmserta lebarnya sekitar 8 hingga 15 mm
  • Tanaman ini memiliki rimpang yang berwarna kuning atau jingga, serta memiliki aroma yang menyengat
  • Rimpangnya bercabang yang mirip seperti jemari dan memiliki ruas yang menggembung di bagian tengahnya
  • Tanaman jahe memiliki bentuk batang yang rimpang dan semu
  • Tanaman jahe ini dapat tumbuh denga tegak dengan ketinggian mencapai sekitar 40 sampai 50 cm
  • Tanaman jahe ini hanya dapat tumbuh semusim

Manfaat Jahe Putih Untuk Kesehatan & Kesegaran Tubuh

Manfaat Jahe untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menjaga daya tahan tubuh, mengobati batuk pilek, menghilangkan pegal-pegal dan rasa nyeri, serta mengobati gejala masuk angin. Berikut ini manfaat lainnya!
  • Memelihara kesehatan jantung
Jahe yang dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Yang berati berarti jahe juga dapat digunakan untuk menurunkan risiko stroke dan serangan jantung karena sifatnya yang meningkatkan sirkulasi darah.
  • Mengontrol kadar gula darah
Hal ini sudah di buktikan dan bahkan dilakukan di berbagai rumah sakit di seluruh dunia. Dokter disana memberikan terapi teratur pada seluruh pasiennya agar meminum air rebusan jahe yang masih hangat.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
Mengkonsumsi jahe setiap hari dan teratur terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk dapat menjaga dan menangkal tubuh kita dari berbagai virus penyakit.
  • Mencegah Mabuk
Mengkonsumsi air rebusan jahe akan membuat kita tahan atau dapat menghindari efek mabuk saat berkendara.
  • Meredakan sakit kepala dan migrain
Mengunyah kira-kira sepotong jahe segar kurang lebih selama 30 menit diyakini oleh banyak dokter dapat meringankan sakit kepala dan migrain.

Bagaimana, mulai tertarik untuk mengkonsumsinya? Rasa dari jahe putih yang cukup merakyat membuatnya dapar dengan mudah beradaptasi dan diterima oleh berbagai jenis lidah diseluruh tempat persebarannya. Untuk manfaat-manfaat yang lainnya itu, memang belum banyak orang yang tahu bahwa ternyata jahe memang punya manfaat yang begitu beragam. Jadi selain mendapatkan kenikmatan saat santai dengan menenggak minuman ini, banyak hal yang menyehatkan pun sudah banyak menanti kita saat menikmati minuman jahe.
 
Top