Menu

300x250px


Manfaat daun salam


Manfaat daun salam untuk berbagai pengobatan untuk kesehatan tubuh. Daun salam sebenarnya merupakan salah satu jenis daun Rempah-rempah yang sering di gunakan dalam berbagai Masakan khas dari Indonesia dan beberapa daerah di sekitar asia dan afrika lainnya. Terutama untuk masakan Kari biasanya selalu menggunakan Daun salam ini, Namun kali ini kita bukan membahas Manfaat Daun Salam dari segi masakan, tetapi tentang apa saja manfaat dari daun yang satu ini.

Salam memiliki nama Latin Syzygium polyanthum, pohon dari daun salam umumnya berukuran sedang, tapi, tinggi dari pohon salam tua, bisa mencapai hingga 30 Meter, Daun Salam juga memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah sekitar indonesia, diantaranya adalah , Sunda,Jawa dan Madura: Salam, Kangean: kastolam, Jawa: manting, Sumatera: meselengan. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa kandungan dari daun salam sehingga manfaat daun salam yang begitu besar.

Kandungan daun salam :

  1. Memiliki Kalori
  2. Memiliki  Karbohidrat
  3. Memiliki serat
  4. Memiliki Mineral
  5. Memiliki  Vitamin A, B-6, B-9,C
Bisa dibayangkan bukan, ternyata daun salam memiliki manfaat yang sangat banyak, dan dari daun yang banyak orang menghindarinnya untuk dihidangkan tanpa olahan yang baik. Dari manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita adalah :
  1. Secara medis, daun salam dan buahnya sangat beragam. Mengandung astringent, diuretik dan sifat perangsang nafsu makan;
  2. Dalam pengobatan herbal, ramuan dari daun salam dikenal manjur untuk menenangkan perut dan menghilangkan nyeri perut;
  3. Manfaat daun salam lainnya sebagai obat sakit maag dan meredakan perut kembung;
  4. Kegunaan daun salam dalam minyak esensial untuk obat-obatan tradisional seperti pengobatan nyeri otot, bronkitis dan flu.
Dari berbagai hasiatnya, sebenarnya tidak perlu olahan khusus untuk dapat menikmati hidangan ini agar salam sebagai obat asam urat bisa dilakukan dengan merebus daunnya. Caranya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.

Manfaat daun salam untuk mengobati penyakit

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun salam untuk mengobati berbagai macam penyakit:
  • Mengobati Diare
    Untuk mengobati diare, ambil 15 g daun dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.
  • Menurunkan Kolesterol Tinggi
    Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur
  • Kencing manis
    Ambil 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.
  • Obat Sakit maag
    Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.
  • Mabuk akibat alkohol
    Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.
  • Penyakit Kulit, Kudis, gatal
    Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.

Manfaat daun salam lainnya

diantaranya yaitu :
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Seperti yang telah saya jelaskan diatas, daun salam memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak dapat mudah terserang penyakit. cara memanfaatkannya anda dapat menambahkan daun salam pada masakan anda, sehingga daya tahan tubuh anda sekeluarga dapat terlindungi.
  1. Membantu menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, maka dapat dibantu dengan minum air godokan daun salam secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan, kandungan serat alami dan enzim yang tersimpan di dalam daun salam mampu melancarkan sistem pencernaan.
Caranya membuatnya yaitu :
Siapkan daun salam sebanyak 30 lembar, lalu bersihkan dan rebus dengan 4 gelas air bersih hingga mendidih. Diamkan selama beberapa lama hingga air rebusan daun salam hanya tersisa 2 gelas saja. kemudian minum secara rutin setiap hari dengan aturan minum 2 kali sehari 1 gelas pagi dan malam hari. Untuk menambah rasa, anda dapat menambahkan madu murni sesuai selera.
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Kandungan falvanoid dan zat tanin yang terdapat di dalam daun salam sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga anda akan terhindar dari resiko terkena serangan jantung dan stroke.
Caranya yaitu :
Siapkan 10 lembar daun salam kering ataupun basah, lalu bersihkan dan rebus dengan  3 gelas air bersih. Diamkan selama beberapa saat hingga air rebusan hanya tersisa 1 gelas saja, lalu minum secara teratur 2 kali sehari 1 gelas pada pagi dan malam sebelum tidur.
  1. Mencegah dan mengobati penyakit kulit
Daun salam juga dapat diolah untuk dijadikan sebagai obat luar yang sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit seperti jerawat, borok, bisul, kudis, eksim kering ataupun basah dan penyakit kulit lainnya. Hal ini dikarenakan, daun salam memiliki kandungan senyawa kimia yang sangat berkhasiat.
Cara membuatnya yaitu :
Pertama-tama siapkan 10 lembar daun salam, kulit kayu dan ujung akar pohon salam secukupnya. Setelah itu, bersihkan semua bahan sampai bersih dan haluskan dengan cara ditumbuk hingga betul-betul halus. Kemudian tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga tercampur merata dan jangan terlalu encer atau terlalu kental. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena alergi atau penyakit kulit sesudah mandi, lakukan pengobatan ini secara rutin setiap hari 2 kali sehari sampai sembuh.
  1. Obat batuk
Caranya yaitu :
Siapkan daun salam kering sebanyak 5 lembar, lalu bersihkan dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu, tambahkan 2 sendok makan madu dan air perasan jeruk nipis 1 buah. Kemudian minum secara teratur 2 kali sehari sampai batu sembuh.
Bagaimana, jadi semakin ingin untuk menikmati dan merasakan manfaat daun salam ini?
 
Top