Menu

300x250px


 Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan ketahui juga efek samping dari minyak zaitun ini jika penggunaannya tidak benar. Zaitun sudah banyak diketahui dan banyak di ganakan sejak lama baik itu buahnya ataupun minyaknya.

Sesuai namanya, minyak zaitun ini terbuat dari tanaman zaitun, yang tidak dipungkiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Minyak zaitun ini mengandung berbagai macam vitamin dan zat zat yang lain seperti vitamin A, B1, B12, zat besi, potassium dan berbagai vitamin serta zat zat yang lain. Tapi sebenarnya apa saja manfaat dan apakah dari berbagai manfaat itu minyak zaitun memiliki efek samping?

Di berbagai resep masakan untuk berdiet, disitu selalu dijelaskan tentang petapa pentingnya untuk menggun akan minyak zaitun, bahkan banyak para ahli gizi yang lebih menyarankan untuk tidak menggunakan minyak sayur, melainkan menggantikan penggunaanya dengan minyak zaitun. Di beberapa kosmetik atau masker wajah pun juga tidak jarang kita jumpai bahwa produk produk tersebut menggandung minyak zaitun. Hal ini memang wajar saja terjadi, karna memperkecil kalori dan mempercantik wajah memang merupakan manfaat dari minyak zaitun.

Ada banyak sekali jenis minyak zaitun yang beredar, tapi ada beberapa minyak zaitun yang paling polpuler, yaitu minyak zaitun virgin. Minyak ini sering dipakai untuk berbagai kebutuhan dan berbagai tujuan. Dari berbagai model penggunaanya, beberapa manfaat minyak zaitun antara lain adalah :

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan kulit. dengan mengoleskan minyak zaitun saat mandi kita dapat memperoleh kulit yang lebih lembut dan bercahaya. Atau dengan memakai minyak zaitun yang sudah diolah seperti kosmetik dan obat-obat kecantikan yang dapat langsung di gunakan dengan kegunaan yang lebih variatif.
  2. Menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe. Dengan mencampurkan minyak zaitun saat kita bershampo, akan memberikan efek yang cukup besar bagi kesehatan rambut dan kulit kepala kita. Baca juga penjelasan lebih rinci di manfaat minyak zaitun untuk rambut.
  3. Mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan Antioksidan pada minyak zaitun dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kaena Antioksidan Nabatinya yang kanan lebih melindungi dan menambah system imun pada tubuh
  4. Mengurangi resiko Diabetes. Minyak Zaitun memang sangat ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah manusia, yang hasilnya dapat lebih mengurangi resiko diabetes.
  5. Mencegah osteoporosis. Minyak Zaitun akan membantu tubuh kita dalam menyerap kalsium secara sempurna, dengan penyerapann kalsium yang optimal, maka pengeroposan tulang akan dapat dihindari.
  6. Mencegah pikun. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat mengurangi resiko kepikunan. Pada dasarnya kepikinan sering terjadi karna kurangnya asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam tubuh kita
  7. Untuk kecantikan wajah alami. Untuk penjelasannya silahkan dilihat manfaat minyak zaitun untuk wajah
Ternyata cukup banyak juga ya manfaat yang bisa kita nikmati dari minyak zaitun, baca juga zaitun hitam. Itu baru beberapa, masih banyak manfaat lain yang mungkin lebih dari beberapa hal tadi, lihat juga manfaat buah tin dan zaitun. Tapi sepertinya tidak adil jika kita hanya menilik pada manfaatnya saja.

Efek Samping Minyak Zaitun

Walaupun memang tidak terlalu berat dan berbahaya, minyak zaitun tetap memiliki beberapa efek samping dalam penggunaannya. Terutama jika dikonsumsi oleh orang yang memliki alergi atau mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak sesuai takaran yang seharusnya. Untuk orang yang alergi pada minyak zaitun, penggunaannya dengan cara eksternal maupun internal akan membuat setidaknya gatal-gatal dan kulit akan memerah.
Semoga setelah mengetahui manfaat dan efek samping minyak zaitun yang mungkin terjadi, semoga  dapat lebih membantu kita untuk dapat menggunakan minyak zaitun dengan lebih bijak serta benar-benar mendapat manfaat yang seharusnya di peroleh.
 
Top