Menu

300x250px


Manfaat Wortel


Apa kandungan Vitamin dan nutrisi pada wortel ? Manfaat wortel sangat besar untuk kesehatan anak-anak, orang dewasa maupun manula.  Wortel sangat terkenal dengan warnanya yang manis. Kuning kemerahan atau jingga adalah warna dasarnya. Bentuknya unik yaitu kerucut memanjang dengan panjang rata-rata 10 sentimeter. Wortel termasuk dalam jenis sayuran. Teksturnya keras sehingga memerlukan waktu yang lebih lama daripada sayuran yang lain untuk memasaknya. Walau warnanya sangat cantik, jenis sayuran ini kebanyakan tidak disukai oleh anak-anak. Walaupun tidak banyak disukai, sebenarnya manfaat wortel sangat besar untuk kesehatan anak-anak, orang dewasa maupun manula.

Wortel termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian dan mempunyai nama latin Daucus Carota. Batang pohonnya dapat mencapai ketinggian 1 meter. Seperti hal nya umbi-umbi yang lain, bagian yang dapat dimakan pada wortel adalah bagiann paling bawah yang menancap pada tanah atau akar. Karenanya, sebelum mengkonsumsi wortel kita harus memastikan kebersihan dan higinitas dari wortel tersebut karena umbinya yang hidup di dalam tanah. Lama hidupnya adalah sekitar 1 sampai 2 tahun dengan pembungaan pada tahun kedua. Rasa dari wortel adalah manis bercampur langu. Walaupun begitu manfaat wortel tidak sedikit bagi kehidupan manusi terbukti dari kandungan karbohidrat yang begitu besar. Berbeda dengan yang diketahui orang kebanyakan yang menganggap hanya beras dan kentang yang menghasilkan karbohidrat. Ternyata wortel pun menyimpan kandungan karbohidrat yang besar.

Kandungan Vitamin Pada Wortel Bagi Kesehatan

Wortel untuk kesehatan mata

Di samping itu, manfaat wortel yang sudah terkenal adalah kiprahnya dalam membantu kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang sarat pada setiap umbinya membuat wortel popular sebagai suplemen kesehatan mata. Wortel bersifat antioksidan sehingga sangat bermanfaat sebagai pencegah katarak. Wortel juga mengandung vitamin-vitamin yang lain yaitu B1, B2, B3, B6, B9, C, zat kalsium, zat Magnesium, zat sodium, zat fosfor dan zat kalium. Selain itu, manfaat wortel ternyata tidak hanya terbatas sebagai primadona kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa wortel membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Dalam penelitian yang lain juga didapatkan hasil yaitu wortel dapat mengurangi resiko penyakit stroke hingga mencapai lebih dari 50%. Wortel juga berperan dalam pencegahan kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa orang dengan betakaroten yang rendah mempunyai resiko lebih besar terkena penyakit kanker paru-paru.

Wortel dapat juga membantu pencernakan kita. Wortel mampu mengobati susah buang air besar yang seringkali kita rasakan. Cara kerja wortel dalam mengatasi sembelit adalah menaikkan jumlah tinja sehingga melancarkan pembuangan akhir. Bagi kecantikan, wortel juga punya peran yang besar dalam menyehatkan kulit. Dengan mengkonsumsi wortel yang cukup setiap harinya, kulit badan yang kering dan kasar akan berangsur kencang dan melembut. Bagi ibu yang sedang menyusui, wortel dapat meningkatkan produksi ASI.
Jus Wortel

Wortel dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Wortel dapat langsung dimakan dalam keadaan mentah. Biasanya untuk merangsang anak-anak agar mau mengkonsumsi sayuran sehat namun orang tua akan menggunakan trik agar anak-anak tertarik memakan wortel. Salah satunya adalah membuat jus wortel yang segar. Ada pula yang memilih untuk mencampurkannya ke dalam sayur matang yang ditumis atau pun sop. Inovasi lain adalah membuat wortel sebagai salah satu bahan dalam salad sayur. Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan manfaat wortel yang maksimal dalam pencegahan kanker, wortel harus dimasak sampai matang untuk menaikkan kadar karotennya. Dalam penyimpanan, wortel tidak boleh disimpan terlalu lama karena rasanya akan berubah menjadi pahit.
 
Top