Menu

300x250px

Manfaat Buah Naga

Inilah rahasia manfaat buah naga dibalik kesegarannya. Khasiat buah naga, dragon fruit panggilannya di eropa. Buah yang termasuk keluarga kaktus ini sebenarnya berasal dari daratan meksiko, amerika tengah dan selatan. Tapi buah yang berbentuk agak aneh dengan kulit seperti sisik naga ini kini juga sudah banyak dibudidayakan di Negara-negara tropis di asean, seperti Indonesia, Thaliand, Filipina, dan Vietnam. Pada awalnya sekitar tahun 1870an orang peancis membawa tanaman ini ke Vietnam sebagai tanaman hias, tapi buahnya yang aneh dianggap sebagai buah keramat pendamping naga, itu juga salah satu alas an kenapa disebut buah naga. Sama seperti tanaman kaktus yang lain, tanaman buah naga juga tidak memiliki daun, hanya ada akar serabut panjang, batang yang berbentuk segi tiga dan duri duri kecil di seluruh batangnya saja dan saat musimnya akan menghasilkan bunga dan buah. 

Memang buah ini baru tenar baru baru ini saja, padahal dengan bentuknya yang unik ini sangat menarik dan mudah sekali dikenali, selain itu rasa dan aromanya yang tidak terlalu menyengat juga memungkinkan seluruh orang dapat menikmati kelezatan buah yang dagingnya berwarna merah dan putih serta dipenuhi bintik hitam yang seperti wijen ini.

Buah naga memiliki banyak sekali kandungan zat didalamnya, seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, air dan berbagai vitamin diantaranya, vitamin c, vitamin B1, B3 dan Vitamin B12. Dari berbagai kadungannya tidak heran jika buah naga memiliki berbagai manfaat didalamnya, berikut beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kita :

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Menacegah kanker
Antioksidan yang dimiliki buah naga dipercaya dapat mencegah untuk tumbuh dan berkembangnya penyakit kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang kaya terdapat pada buah naga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia, dan bahkan sangat baik untuk dikonsumsi anak pada masa pertumbuhan

3. Menjaga kesehatan Jantung
Mengkonsumsi buah naga ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung kita, kandungan vitamin yang begitu kaya didalamnya dapat memberi efek untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Membantu Menetralkan Racun
Setelah dilakukan penelitian ternya terungkap bahwa buah naga dapat membantu menetralkan racun yang ada dalam tubuh.

5. Merawat kesehatan kulit
Untuk kecantikan, buah naga juga memiliki manfaatnya sendiri. Ambil buah naga yang telah dikupas, lalu haluskan atau diblender. Lalu tuangkan pada gelas dan ambil airnya lalu oleskan pada wajah tiap hari, maka kulit anda akan tepap kencang dan bersinar.

6. Merawat kesehatan mata
Karoten yang terkandung dalam buah naga memiliki manfaat yang cukup tinggi untuk kesehatan mata kita

7. Memperkuat Tulang dan Gigi
Buah naga juga memiliki kandungan Fosfor dan kalsium yang tinggi untuk dapat memperkuat tulang dan gigi

8. Menghambat penuaan dini
Dari 3 manfaat terakhir tadi, sudah pasti buah naga juga dapat menghambat penuaan dini, karena kesehatan kulit, tulang dan mata yang selalu terawat sehingga kita akan selalu merasa sehat dan selalu muda.
Beberapa rahasia dari buah naga, memang belum banyak orang yang mulai mengkonsumsi buah ini secara rutin seperti beberapa buah buahan yang lain yang sering kita jumpai di meja makan rumah tangga, seperti pisang, apel, manggis ataupun jeruk. Selain harganya yang cukup merogoh kocek, buah naga memang masih belum popular untuk sering dikonsumsi. Tapi dengan berbagai manfaatnya sudah waktunya untuk kita mulai membiasakan untuk mengkonsumsinya, dan ikut merasakan manfaat buah naga.
 
Top