Menu

300x250px


Manfaat Daun Binahong

Manfaat daun Binahong dan Cara Mengolahnya – Khasiatnya sudah dibuktikan dari dahulu kala untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Karena tanaman yang kabarnya berasal dari Korea ini sudah dikonsumsi oleh orang-orang Vietnam ketika mereka bertempur dengan Amerika Serikat pada tahun 1950-an.
Tanaman yang sering disebut Deng san chi oleh orang China ini pun telah dari ribuan tahun yang lalu dikonsumsi oleh para warga Tiongkok, Taiwan, Korea, dan sebagainya sebagai obat. Pada bagian daunnya lah biasanya mereka memanfaatkannya sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya yang juga berkhasiat.

Binahong sendiri merupakan salah satu tanaman obat yang tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Manfaat daun Binahong sangatlah banyak, seperti ia bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Namun, meskipun ia telah lama berada di Indonesia akan tetapi baru akhir-akhir ini lah ia digunakan bagi sebagian orang untuk dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang mereka derita.

Manfaat Daun Binahong

Usut punya cerita ternyata tanaman binahong ini yang mana oleh orang Indonesia sering disebut sebagai Gondola ini memang memiliki berbagai khasiat serta manfaat karena tanaman ini pun mengandung unsur kimia alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Terkhusus daunnya, ia memiliki antioksidan alami dan antivirus yang cukup tinggi. Oleh karena itu, penyakit-penyakit dapat diobati oleh daun Binahong sepeserti bisa digunakan untuk:
  1. Menyembuhkan luka,
  2. Meningkatkan stamina serta mengembalikan vitalitas tubuh,
  3. Melancarkan dan menormalkan peredaran serta tekanan darah,
  4. Mencegah tumor,
  5. Membantu mengobati stroke,
  6. Mencegah kanker,
  7. Menyembuhkan rematik,
  8. Mengurangi sakit persendian,
  9. Mengobati wasir,
  10. Membantu menyembuhkan diabetes,
  11. Meredakan mimisan,
  12. Menghilangkan gatal-gatal,
  13. Mengobati sariawan berat,
  14. Menghilangkan pegal-pegal,
  15. Menghilangkan jerawat pada wajah,
  16. Melancarkan buang air kecil serta besar

Cara Mengolah Daun Binahong

Untuk mengobati Penyakit – Adapun cara meramu daun Binahong ini sendiri yaitu bisa dengan mengambil daun lima lembar daun Binahong, kemudian rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai tersisa setengahnya. Lalu tambahkan madu sebanyak satu sendok teh, aduk hingga merata. Setelah selesai minumlah ramuan ini sehari satu kali sebanyak satu gelas.

Untuk Kecantikan – Apabila ingin mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, atau ingin menghilangkan flek-flek hitam maka cara meramu daun Binahong bisa dilakukan dengan cara meremas daun-daun Binahong sampai keluar airnya. Nah, air inilah yang kemudian bisa dioleskan pada wajah secara merata. Lalu diamkan kurang lebih selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal cara seperti ini bisa anda lakukan selama tiga kali sehari.
Ya itulah beberapa keterangan dan cara meramu daun Binahong yang ternyata bisa dijadikan  sebagai obat berbagai penyakit, baik ringan maupun berat. Karena itu, jika sudah mengetahui hal itu maka sekarang tidak usah takut untuk mengkonsumsi daun binahong untuk mendapat manfaat daun Binahong ini.
 
Top