Menu

300x250px


manfaat kulit manggis

Manfaat kulit buah manggis sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan  sejak zaman dahulu. Namun, apa efek samping kulit manggis? Sudah sejak lama pula buah manggis ini mendapat julukan sebagai ratu buah. Tidak berlebihan memang. Karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalam tanaman tropis ini. Buah manggis memang merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Indonesia. Memang pukan tepat dan hanya milik Indonesia. Tapi, karena manggis merupakan tanaman buah tropis yang penyebarannya di daerah asia tenggara, maka bukan hal yang salah juga jika kita menyebut bahwa manggis merupakan buah asli Indonesia, karena memang indonesia masuk dalam kawasan penyebarannya.

Belakangan ini mulai banyak hasil olahan dari kulit manggis, seperti jus, kosmetik, obat-obatan dan lain sebagainya. Ada salah satu cara mengolah kulit manggis yang bisa kita lakukan sendiri dirumah, contohnya dengan dibuat jus. Caranya sangat mudah, Saat Anda makan buah manggis. Jangan buang kulit manggis yang telah anda makan. Karena malah justru kasiat yang terbesar dan bermanfaat untk berbagai obat dan olahan kesehatan justru ada pada kulitnya. Untuk membuat jusnya, cuci bersih kulit 3 buah manggis, kemudian direbus dalam 6 gelas air. Masak hingga tinggal 3 gelas saja. Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari. Atau juga bisa mengolah jus kulit buah manggis seperti membuat jus pada umumnya. Cukup dengan menambahkan sirup atau campuran coklat dan madu, jus kulit buah manggis akan sangat memanjakan lidah anda.

Buah yang segar, menyehatkan dan bonus dari manfaat yang masih bisa didapat dari olahan kulitnya, berikut ini beberapa manfaat kulit manggis yang dapat kita peroleh dan kita nikmati kasiatnya.

Manfaat Kulit Buah Manggis

Mengatasi Diare
Hasil rebusan kulit manggis untuk mengobati berbagai gejala penyakit seperti, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri dan berbagai penyakit pencernaan yang lain.

Mengobati Sariawan
Kandungan vitamin C pada manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Dengan menyiapkan kulit buah dari 2 buah manggis yang telah dicuci dan dipotong-potong, kemudian rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50 persen. Tunggu hingga dingin, lalu saring hasil rebusan, larutan penyembuh sariawan siap untuk berkumur.

Meremajakan Kulit
Wanita pasti menyukai khasiat dari kulit buah manggis yang satu ini, kasiat agar kita dapat awet muda. Kandungan anti oksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit.

Mencegah Penyakit Jantung
Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti mangan , tembaga dan magnesium. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan juga tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis meningkatkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Tapi, dari berbagai manfaat yang di berikan buah yang satu ini. Kulit buah manggis tetap memiliki beberapa efek samping. Sama seperti pemanfaatan berbagai bahan herbal lainnya, tubuh kita mungkin akan mengalami beberapa efek anti-reaksi terhadap pemakaian pertamanya. Berdasarkan beberapa penelitian medis yang ada, efek yang biasanya terjadi saat mengkonsumsi olahan kulit buah manggis adalah:

Efek Samping Mengkonsumsi Kulit Manggis

1.  Alergi ringan
  • Kulit menjadi kemerahan
  • Terjadinya pembengkakan
  • Gatal-gatal pada beberapa bagian tubuh
  • Kulit jadi bersisik
2. Alergi yang mempengaruhi sistem kerja tubuh
  • Nyeri sendi
  • Sakit kepala
  • Nyerit otot
  • Perut mual, kembung
  • Insomnia dan gangguan istirahat lainnya seperti halnya jantung berdebar
Selain itu pemakaiannya yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan masalah pencernaan. Karena kulit manggis mengandung kadar resin, serat kasar, dan tannin. Tapi tidak perlu khawatir, selama anda menggunakannya dengan kadar yang secukupnya, anda akan tetap dapat merasakan manfaat kulit buah manggis.
 
Top