Menu

300x250px

manfaat susu kedelai

Manfaat susu kedelai, dan apa rahasia susu kedelai? susu kedelai sebenarnya adalah sari pati kedelai,  tapi karena warnanya yang putih kekuningan jadi sari pati kedelai ini sering disebut dengan susu kedelai. Padahal menurut beberapa ahli gizi, susu kedelai ini tidak bisa disebut dengan susu, karena cairan yang dapat disebut susu adalah cairan yang dihasilkan dari kelanjar susu pada mamalia atau manusia. Sama seperti susu sapi pada umumnya, susu kedelai juga sering dijadikan hidangan untuk sarapan pagi. Selain wujud dan kebiasaan dihidangkannya, susu dedelai juga memiliki kesamaan kandungan dengan susu sapi biasa, yatu lemak, karbohidrat, dan protein.

Sekilas Sejarah Manfaat Susu Kedelai

Awal mula keberadaanya susu kedelai berasal dari daerah tiongkok. Sudah ribuan tahun yang lalu masyarakat tiongkok memproduksi dan menikmati minuman ini. Usut punya cerita, dari cerita yang beredar, pencipta minuman ini adalah seorang raja yang tidak sengaja menciptakannya untuk ibunya yang sedang sakit dan tidak bisa mengkonsumsi makanan berteksur keras.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Begitu banyak manfaat dan kelebihan susu kedelai, namun hanya sedikit orang yang mengetahuinya.
  • Susu Kedelai dapat Menjaga Berat Badan dan Menurunkan Berat Badan
Susu kedelai sudah sejak lama dikenal dan dipercaya untuk bisa membantu dalam menjaga berat badan atau melangsingkan tubuh. Dan memang hal itu benar, karena susu kedelai memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari susu pada umumnya. Dan kandungan lemak jenuh yang ada pada susu kedelai juga berfungsi sebagai pencegah penyerapan lemak pada usus secara langsung. Karena jika penyerapan usus yang terjadi akan membuat penimbunan lemak sisa dan akan menjadi tumpukan kolsetrol.
Selain itu, salah satu manfaat susu kedelai yang sebagai penjaga berat badan Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai bisa menjadi alat untuk mengatur berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini pasti akan sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.
  • Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Susu Kedelai Lebih dari Sekeder Susu. Manfaat lainnya adalah selain untuk menjaga berat badan dan sebagai hidangan saat diet, susu kedelai juga memiliki antioksidan yang tinggi, kandungan senyawa yang disebut isoflavon bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.
  • Mencegah Terkena Penyakit Kronis
Dan banyak juga manfaat lain, seperti mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, mencegah osteoporosis, dan berbagai penyakit kronis yang lain.
  • Mengandung Protein Tinggi
Berbagai kandungan protein dan berbagai zat yang lain, membuat susu yang satu ini memiliki manfaat yang lebih banyak dari susu yang lain.
Sajikan setiap hari untuk hidangan sarapan pagi dengan susu kedelai hangat, atau racikan sajian yang lain dengan bahan dasar susu kedelai, dan selamat menikmati untuk mendapatkan manfaat susu kedelai ini.
 
Top