Menu

300x250px


Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak luar biasa bagi kesehatan, siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, tanaman Temulawak ini merupakan tanaman yang asli dari Indonesia, penyebarannya berawal dan banyak detemukan di sekitar pulau jawa, dan akhirnya tersebar ke berbagai belahan dunia. Habitat aslinya adalah di daerah dataran rendah, hingga ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut atau biasa disingkat mdpl, dan juga diberbagai hutan tropis.

Tumbuhan Temulawak merupakan tumbuhan pendek, karna hanya memiliki tinggi maksimal kurang dari 2 meter saja. Tanaman yang berbentuk seperti tanaman pisang cebol ini merupakan tanaman yang dimanfaatkan bagian akarnya. Karna dari bagian Temulawak, yang dimanfaatkan adalah bagian rimpang, atau bonggol tanaman yang tertanam dalam tanah. Untuk siapapun yang tidak suka mengkonsumsi jamu, pasti akan menghindari untuk menikmati olahan dari tanaman yang 1 ini, karna olahan dari temulawak yang tradisional adalah berupa jamu-jamuan yang berasa pahit.

Banyak orang yang tahu bahwa Temulawak merupakan tanaman obat yang memiliki berbagai khasiat yang mujarap. Sebagai obat tradisional, Temulawak telah lama diolah dan dimanfaatkan sejak ratusan tahun yang lalu. Resep olahan obat dan jamu-jamuan turun temurun pun telah banyak diturunkan dari tanaman yang satu ini. Manfaat temulawak sebagai obat yang sudah lama dikenal ini nyatanya tidak hanya dapat mengobati berbagai penyakit ringan saja, tapi ternyata manfaatnya sebagai obat juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis, seperti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, ginjal, limfa, asma dan yang lain sebagainya.

Manfaat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit

Dari berbagai manfaatnya tersebut, temulawak memiliki berbagai cara pengolahannya sendiri untuk mngobati penyakit-penyakit tersebut, beberapa cara diantaranya :
  1. Temulawak untuk Sakit Limfa

siapkan 2 buah rimpang temulawak, 1/2 rimpang lengkuas dan 1 genggam daun meniran. Parut temulawak dan lengkuas lalu rebus seluruh bahan dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu saring dan sajikan untuk diminum
  1. Temulawak untuk Sakit Ginjal

siapkan 2 buah rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling. Potong tipis  temulawak lalu rebus seluruh bahan dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu saring dan sajikan untuk diminum
  1. Temulawak untuk Mengobati Asma

siapkan 1 1/2 rimpang temulawak, 1 potong gula aren. Potong tipis  temulawak lalu dikeringkan. Setelah mengering rebus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren, hingga tersisa 3 gelas, kemudian disaring.
  1. Temulawak untuk Mengobati Sakit Maag

siapkan 1 rimpang temulawak. Potong tipis  temulawak lalu diangin-anginkan sebentar, setelah itu rebus dengan 5-7 gelas air sampai mendidih, dan disaring, sajikan dalam 1 gelas, sekali sehari.
Bagaimana, berminat untuk mencoba sehat dengan temu lawak. Selain sebagai obat, ternyata pengkonsumsian temulawak juga dapat menambah nafsu makan dan menghilangkan jerawat. Itulah manfaat temulawak bagi kesehatan yang sungguh luar biasa.
 
Top