Menu

300x250px

Wisata Religi di Kota Medan

Kota Medan yang merupakan pintu masuk wilayah Indonesia bagian barat merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa yang memang banyak terdapat tempat wisata. Tempat wisata medan ini sungguh bermacam-macam, seperti yang akan kita lihat disini adalah tempat wisata religi yang memang banyak di minati oleh para pengunjung, dapat kita lihat salah satu wisata religi di Medan adalah Mesjid Raya Medan. Masjid yang bernama Masjid Raya Al Mashun ini juga tidak kalah populernya dengan masjid – masjid yang berada di kota besar, Masjid Raya ini di bangun di buat pada tahun 1909. Karena pada saat masjid ini didirikan masih menyatu dengan kompleks istana maka gaya dan modelnya ini juga sangat unik dan khas Timur Tengah. Masjid yang bentuknya menyerupai sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat sungguh sangat khas.

masjid raya medan
Pendiri Masjid Raya ini adalah Sultan Mashun Al Rasyid Perkasa Alam, dimana pembangunan masjid ini mulai di bangun tanggal 21 Agustus 1906 dimana dalam kalender islam disebut tanggal 1 Rajab 1324 H. Semua proses penyelesaian ini berakhir pada tanggal 10 September 1909 atau 25 Sya’ban 1329 H. Menurut prinsip dari pendiri Masjid Raya ini bentuk masjid di desaik sebagus dan seunik mungkin karena itu untuk menghormati sang pencipta dan ingin membuat tempat ibadah itu megah seperti istana. Uniknya lagi di setiap penjuru masjid ini terdapat empat penjuru yang di beri beranda dengan atap tinggi berkubah warna hitam, dan masing-masing kubahnya di lengkapi pintu utama dan tangga penghubung antara pelataran dengan lantai utama masjid.

gereja annai velangkanni
Selain Masjid Raya juga terdapat Gereja Velangkani, bentuk gereja yang sangat unik seperti kuil di India. Gereja ini sangat berbeda sekali dengan gereja-gereja yang ada di Kota Medan, nama asli dari gereja ini adalah gereja Grha Maria Annai Velangkanni. Gereja yang baru didirikan pada tahun 2001 ini adalah gereja yang tergolong baru karena James Barataputra ini adalah seorang pastor yang mempelopori berdirinya gereja ini. Selama pembuatan gereja ini ditemukan mata air suci yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, karena itulah banyak wisata rohani umat Khatolik dan sebagai tempat beribadah yang menarik bagi para pengunjung yang berada di luar kota Medan.

Nama dari gereja ini sendiri yaitu Annai Velangkanni berarti desa di mana Bunda Maria memperlihatkan dirinya. Kejadian ini menjadikan latar belakang di bangunnya gereja khatolik ini, ciri khas dari gereja ini adalah berbentuk seperti kuil-kuil di India. Saat pertama kali masuk gereja akan memberikan kesan yang berbeda karena saat pertama kali masuk gereja ini para pengunjung akan disuguhkan dengan arsitektur yang sangat indah yang memberikan kesan damai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top