Menu

300x250px

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata "Medan"? Apakah itu fakta atau hanya sekedar yang kamu tau dari media?


Kota yang terletak di Sumatera Utara ini memang sangat kaya akan banyak hal. Kaya akan budaya, makanan, hingga stok cewek cantik.
Tapi, di balik itu semua, ternyata banyak anggapan salah dari masyarakat yang harus diluruskan. 

Orang medan itu suku batak

Ini adalah anggapan paling umum, bahkan orang medan sekalipun sering salah menafsirkan. Faktanya, suku asli di kota Medan adalah suku Melayu. Hal ini terbukti dari peninggalan berupa Kesultanan Deli berupa Istana Maimun dan Mesjid Raya. Suku Batak asalnya dari Tapanuli, bukan dari Medan. Suku Batak juga bukan suku dominan di kota Medan. Hampir tidak ada suku dominan di kota ini. Suku Jawa, Batak, Melayu, Aceh, Minang, Arab, India, Tionghoa, bertebaran dalam jumlah yang hampir merata.

Agama Kristen adalah agama dominan

Hampir sama kayak suku, agama juga tidak ada yang dominan di kota ini. Agama Kristen, Islam, Buddha, Hindu, juga bertebaran dalam jumlah hampir merata dan hidup berdampingan dalam damai. Jarang sekali ada konflik horizontal antar agama di kota Medan.

Bahasa medan adalah bahasa batak

Entah kenapa kota Medan selalu identik dengan suku Batak. Mungkin karena banyak perantau dari Suku Batak yang langsung tembak ke Jawa. Dan ketika ditanya asalnya, lebih baik menyebutkan Kota Medan, karena kalau disebutkan Porsea, pasti banyak yang gak tau.
Logat Medan itu bukan seperti logat yang sering dipraktekkan di tv. Dengan "E" tegas. Logat medan itu merupakan pencampuran dari bahasa Melayu, Batak, dan Tionghoa. Kalau kamu main ke medan, pasti menyadari perbedaannya.

Orang medan kasar-kasar

Mungkin karena intonasi suara yang lumayan keras, orang medan dianggap kasar. Tidak seperti di Jawa, yang ngomongnya halus dan perlahan. Padahal, ngomong keras belum tentu lagi berantem, cuma sekedar ngomong biasa aja. Rasanya, kalau ngomong perlahan itu malah bikin emosi, soalnya gak kedengeran. Mungkin, ada yang salah dengan telinganya. Hehe.

Sumatera utara adalah medan

"Aku habis jalan-jalan dari Berastagi, nih."
"Dimana, tuh?"
"Di Medan."
Tetooott. Entah kenapa banyak orang yang beranggapan medan itu luas banget. Bahkan kota-kota di sekeliling kota Medan dianggap sebagai bagian dari Medan. Faktanya, Kota Medan hanya seluas 265,10 km2. Jadi, kota lain seperti Berastagi, Sibolangit, Binjai, Tebing-tinggi, bukan merupakan bagian dari Medan. Tapi, bagian dari Sumatera Utara.

Nah, semoga dengan informasi ini, kamu tidak salah kaprah lagi mengenai kota Medan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top