Menu

300x250px


batuk


Obat Batuk Alami pengobatan secara tradisional. Cara mengobati batuk berdahak dan kering secara alami dengan obat batuk tradisional yang digunakan sejak jaman dulu menggunakan herbal yang mudah didapatkan.

Salah satunya menggunakan jeruk nipis dan masih banyak yang lainnya. Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang sering di derita oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tetapi anda jangan manganggap remeh penyakit ini, jika menderita penyakit batuk lebih dari tiga hari maka anda harus segera memeriksakannya kedokter. Jenis penyakit batuk terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu batuk kering dan batuk berdahak, batuk asma, batuk rejan dan batuk bronchitis. 

Batuk sendiri disebabkan oleh karena adanya benda asing yang masuk dan merangsang selaput lendir di dalam tenggorokan, sehingga menyebabkan rasa gatal yang dapat meyebabkan batuk. Benda asing tersebut dapat berupa debu, kuman atau alergi. Untuk mengatasi atau mengobati penyakit batuk, banyak terdapat jenis obat mulai dari obat yang berbahan kimia dan obat herbal yang mudah untuk kita dapatkan ditoko obat atau apotik di sekitar kita.
Tetapi jenis obat yang akan saya jelaskan kali ini yaitu jenis obat batuk alami, karena Jenis obat ini sangat ampuh dan tentunya aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Cara Mengolah Herbal Untuk Mengobati Batuk Secara Alami

Berikut ini merupakan cara mengobati batuk dengan beberapa jenis obat batuk alami yang dapat anda coba baik digunakan untuk berbagai macam batuk termasuk batuk kering, diantaranya yaitu :

  1. Asam jawa dan gula merah
Obat batuk alami Asam jawa dan gula merahKedua jenis bahan alami ini biasanya sering dijadikan sebagai bahan pelezat masakan, tetapi juga dapat anda jadikan sebagai obat herbal yang sangat ampuh.

Caranya yaitu :
Seduh 10 biji asam jawa dan irisan gula merah secukupnya dengan segelas air panas, lalu aduk-aduk hingga semua bahan tercapur merata dan buang biji nya. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan madu, lalu minum selagi hangat. Minum secara teratur 2 kali sehari sampai sembuh.

  1. Cabe jawa dan madu
Obat batuk alami cabe jawa dan maduCaranya yaitu : pertama-tama siapkan 6 gram cabe jawa kering dan madu murni secukupnya, lalu tumbuk cabe hingga halus dan campurkan dengan madu. Minum secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.







  1. Buah kapulaga
Obat batuk herbal alami KapulagaCaraya yaitu : Siapkan 5 buah kapulaga dan 1 gelas air bersih. Lalu bersihkan buah kapulaga dengan air bersih, kemudian rebus hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali sehari dalam keadaan hangat.






  1. Daun kayu putih
Obat batuk alami daun kayu putihCaranya yaitu : Siapkan 10 lembar daun kayu putih dan 2 gelas air bersih, lalu rebus hingga air tersisa hanya 1 gelas. Setelah itu, diamkan hingga hangat dan minum air rebusan tersebut sampai habis. Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari sampai sakit sembuh.





  1. Jahe merah dan kunyit
Obat batuk alami Jahe merah dan kunyitCaranya yaitu : Siapkan 2 sendok makan air perasan jahe merah dan 2 sendok makan air perasan kunyit, jika anda tidak suka dengan rasanya dapat ditambahkan 1 sendok makan madu. Campur semua bahan dan minum secara rutin 2 kali sehari sampai sakit sembuh.






  1. Jeruk nipis dan kecap
Obat batu alami jeruk nipisIni obat batuk alami yang biasa saya gunakan, selain murah juga terbukti khasiatnya. Adapun caranya yaitu potong jeruk nipis menjadi 4 bagian (1/4), peras ambil airnya dan taruh disendok, campurkan sedikit kecap, lalu diminum. Sehari sekali juga cukup atau dua kali pagi dan menjelang tidur.
Jeruk nipis kaya akan vitamin c sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyembuhkan flu dan batuk, dengan campuran kecap dapat mengurangi rasa asamnya dan mengencerkan batuk berdahak.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Madu merupakan salah satu bahan alam yang memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit seperti salah satu diantaranya yaitu dapat mengobati gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak. Salah satu manfaat madu ini dapat membantu mengeluarkan dahak pada tenggorokan dan juga saluran nafas anda, sehingga anda akan merasa lebih nyaman dan batuk berdahak pun akan berangsur-angsur mereda.
Berikut ini merupakan beberapa resep dalam mengolah madu untuk mengobati batuk berdahak, diantaranya yaitu :
  1. Resep Teh Madu Lada Hitam
Kombinasi dari madu, teh dan juga lada hitam sangat ampuh dalam meringankan gejala flu yang disertai dengan batuk berdahak. Cara membuatnya yaitu, didihkan dua gelas air dan masukan satu sendok makan lada hitam besama dengan teh kering secukupnya, lalu diamkan hingga mendidih. Selanjutnya yaitu air rebusan tersebut disaring dan kemudian diamkan hingga hangat, lalu beri tambahan madu murni sebanyak 2 sendok makan dan aduk hingga tercampur merata. Minum air teh madu lada hitam tersebut hingga habis pada saat masih hangat. Minum secara teratur dapat membuat tenggorokan anda terasa hangat dan dapat membantu meringankan hidung tersumbat.
  1. Minuman madu jahe
Madu juga dapat dikombinasikan dengan jahe yang sudah kita semua kenal bahwa jahe ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Cara membuatnya yaitu, siapkan 2 ruas jahe, lalu geprak dan seduh dengan menggunakan air panas yang mendidih. Diamkan hingga sari dari jahe tersebut keluar dan biuarkan sampai hingga airnya hangat. Setelah itu, tambahkan 2 sendok makan madu dan aduk rata. Kemudian minum hingga habis setiap hari minimal 2 gelas.
Bagi anda yang suka, dapat diberi tambahan lain seperti air perasan jeruk nipis atau lemon yang juga sangat efektif dalam mengobati batuk berdahak.
Catatan :
Semua ramuan obat batuk tradisional diatas dapat mengobati berbagai jenis penyakit batuk, sedangkan untuk anak-anak dapat diberikan setengah dari dosis diatas. Jika dalam 3 hari batuk tidak sembuh, segera periksakan kedokter.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top