Menu

300x250px


Gejala kanker otak


Kenali gejala-gejala kanker otak dan waspadai penyebab kanker otak, dengan ini diharapkan tahu sedini mungkin tentang penyakit kanker otak sehingga bisa terhindar dari jenis kanker ini. Kanker yang satu ini adalah salah satu  penyakit yang membahayakan bahkan bisa menghilangkan nyawa si penderitanya.

Kanker otak merupakan tumor ganas yang tumbuh disel otak, baik berasal dari sel otak sendiri (primary brain cancer) maupun dari organ lain yang menyebar ke otak (secondary atau metastatic cancer).  Sel-sel kanker ini tumbuh membentuk massa dari jaringan kanker (tomur) yang dapat mengganggu fungsi-fungsi jaringan otak seperti control otot, sensasi, memori dan fungsi-fungsi tubuh normal lainnya.

Tumor-tumor yang terdiri dari sel-sel kanker disebut tumor-tumor bahaya (malignant), sedangkan sel-sel yang terdiri bukan kanker (noncancerous) ini disebut tumor-tumor jinak (benign). Tumor-tumor otak primer adalah sel-sel kanker yang berkembang dari jaringan otak.

Gejala-Gejala Kanker Otak

Adapun ciri-ciri atau gejala umum yang di timbul saat terkena penyakit kanker otak  diantaranya, sebagai berikut:
  1. Sakit kepala
Sakit kepala yang diderita merupakan buka gejala sakit kepala biasa. Tapi sakit kepala ini merupakan rasa sakit kepala yang terjadi ditempat yang tidak biasa, sepertisakit kepala bagian belakang atau dibagian telinga. Rasa sakit kepala ini akan semakin terasa sehingga terkadang menyebabkan rasa mual.
  1. Gangguan penglihatan
Gangguan penglihatan merupakan cirri kanker oatak yang paling sering terjadi. Ini terjadi karena diakibatkan rasa sakit kepala yang hebat, tetapi disamping akan terasa pandangan yang berbayang, kabur atau ganda. Jadi anda patut waspada.
  1. Mati rasa
Hal ini biasa terjadi pada bagian anggota badan yang tidak dapat bergerak bebas. Seperti tanagan dan kaki.
  1. Perubahan perilaku
Biasanya serangan kanker otak ini ditandai dengan adanya perubahan kepribadian dan respon yang berkurang akan personal atau kebiasan-kebiasaan sehari-hari.
  1. Tubuh lemas
Waspadailah jika anda sering merasa lemas padahal anda tidak sedang mengerjakan pekerjaan berat. Hal ini boleh jadi gejala kanker otak.
  1. Sulit berjalan
Jika anda sulit melangkahkan kaki serta tubuh terasa sempoyongan dan ingin pingsan. Ini dikarenakan pengontrol aktifitas tubuh dalam otak terganggu oleh keberadaan sel-sel kanker.
  1. Sulit mendengar dan melihat
Ini karena menurunnya daya dengar dan daya lihat, gejala ini sangat parah karena sel yang menggerogoti  otak semakin bertambah.
  1. Sering megalami mati rasa pada kaki dan tangan.


Penyebab Kanker Otak

penyebab kaker otakSetelah membahas tentang gejala umum yang disebabkan oleh kanker otak. Nah perlu anda ketahui hal atau penyebab kanker otak, diantara;
  1. Faktor genetik
Penyebab salah satu kanker otok ini adalah faktor genetic atau turunan.  Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat kesehatan seperti kanker otak, maka anda dan anggota keluarga yang lain sangat rentan terkenas penyakit kanker otak.
  1. Terjadi benturan
Penyebab lain terjadinya kanker ini adalah terjadi benturan atau trauma pada kepala akibat kecelakaan atau benturan yang hebat pada kepala. Hal ini dapat memicu tumbuhnya sel yang abnormal pada otak yang kemudian berkembang menjadi kanaker otak.
  1. Radiasi benda elektronik
Sinyal  yang terdapat pada ponsel ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker otak. Sinyal yang di alirkan dari ponsel dengan level tertentu, dapat menimbulakan pertumbuhan sel yang abnormal pada otak. Oleh karena itu  disarakan anda harus mematikan handpone ketika akan tidur, atau menggantinnya dengan mode ponsel ke mode terbang.
  1. Penyebab kanker yang terakhir adalah faktor makanan
Hindarilah makanan yang mengandung zat karsinogenik yang terdapat pada makanan yang diawetkan dan diasinkan. Hal ini dapat memicu tumbuhnya sel abnormal pada otak. Tidak  hanya itu, makanan yang berlemak dan mengangung protein tinggi juga dapat memicu munculnya sel abnormal pada otak yang secara perlahan berkembang menjadi sel kanker. Pola makan yang sehat serta bergizi dapat mencegah  tumbuhnya sel abnormal pada otak.

Nah, dengan menerapkan pola hidup yang sehat, pola makan yang bergizi dan olahraga yang teratur serta rajin cek kesehatan kedokter. Hal ini merupakan  salah satu langkah agar terhindar dari penyakit kanker dan penyakit yang mematikan lainnya.
Demikianlah sedikit pembahasan tentang gejala dan penyebab kanker otak. semoga artikel  ini bermanfaat dan membuat pengetahuan anda semakin luas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top