Menu

300x250px


cara diet yang baik

Bagi sebagian orang, diet merupakan cara yang baik dalam menurunkan berat badan yang harus diperhatikan. Tetapi perlu anda ketahui bahwa cara diet yang baik yaitu tanpa membuat seseorang yang menjalankannya tersiksa karena merasa kelaparan, sehingga dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuhnya sendiri. Lalu bagaimana cara menjalankan diet yang baik ??

Berikut ini beberapa cara diet yang baik, diantaranya yaitu :

1. Membuat catatan harian
Buatlah catatan jadwal dan menu makanan yang akan anda konsumsi setiap harinya, sehingga jadwal dan menu makanan anda akan teratur setiap harinya. Masukan daftar makanan sehat dan atur jadwal makan mulai dari sarapan pagi hingga makan malam, sehingga anda tidak akan bosan dengan menu makanan harian anda.

2. Kurangi mengkonsumsi gula atau makanan manis
Mengkonsumsi gula berlebih merupakan faktor utama dalam peningkatan berat badan, sehingga kandungan lemak di dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit seperti diabetes. Untuk itu, kurangi konsumsi gula baik dalam makanan ataupun minuman.

3. Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, ini dikarenakan di dalam kandungan buah dan sayur terdapat aneka macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, protein, kalsium, kalium, serat, karbohidrat dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Selain itu, kandungan serat yang tersimpan di dalam buah dan sayur dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan, sehingga lemak di dalam tubuh dapat terbawa dan dibuang melalui saluran pembuangan.

4. Minum air putih yang cukup
Cukupilah minum harian anda sebanyak 8 gelas perharinya, sehingga anda akan terhindar dari dehidrasi. Air putih juga dapat membantu mengurangi rasa lapar lebih lama, serta menjaga stamina tubuh agar tetap prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Makan yang teratur
Di dalam menjalankan program diet, bukan berarti kita dilarang untuk makan tetapi kita dianjurkan untuk menjaga dan mengatur pola makan kita. sehingga pola makan akan teratur dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bebas dari lemak setiap harinya. Selain itu, hindari makan melebihi jam 8 malam karena dapat memicu peningkatan lemak di dalam tubuh.

6. Lakukan aktivitas olahraga secara rutin seriap hari
Melakukan aktivitas olahraga secara rutin setiap hari sangat penting untuk dilakukan, karena sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, aktivitas fisik tersebut dapat membakar kalori dan lemak di dalam tubuh lebih banyak.

7. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup merupakan hal penting yang harus kita perhatikan, jangan sampai dalam melakukan penurunan berat badan tubuh mengalami kelelahan. hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan, sehingga sangat dibutuhkan istirahat yang cukup setiap harinya.
Catatan :
Sebelum menjalankan program diet, sangat disarankan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu kedokter. Hal ini bertujuan agar anda mengetahui bahwa anda cocok atau tidak untuk menjalankan diet, karena jika tubuh sedang dalam keadaan sakit dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda sendiri.
Nah, apakah anda tertarik untuk melakukan cara diet yang baik ? Semoga informasi diatas dapat bemanfaat dan selamat mencoba.
 
Top