Menu

300x250px




ciri penyakit jantung

Kenali ciri-ciri gejala penyakit jantung dan pencegahan penyakit jantung. Peranan jantung dalam tubuh kita sangatlah penting karena jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi mahluk hidup termasuk manusia. Fungsi dari jantung salah satunya yaitu berperan mengalirkan darah keseluruh tubuh. Karena system peredaran darah dalam tubuh kita bekerja selama 24 jam. Jadi bisa dibayangkan jika jantung berhenti memompa darah ???

Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Kita dapat mengenali beberapa ciri dari jantung yang tidak sehat, seperti nyeri pada dada yang menusuk-nusuk, jika mendapat hal yang mengejutkan dada akan berdebar–debar, mengalami sesak nafas, kesemutan pada bagian tubuh yang disertai keringat dingin. Terganggunya peredaran darah berdampak masalah yang serius, yang bisa berakibat patal yang bisa menghilangkan nyawa  manusia. Sering kita mendengar gejala gagal jantung dan serangan jantung koroner. Ciri dari gagal jantung sendiri yaitu pada penderita biasanya terkena insomnia atau sulit tidur di malam hari, sesak nafas, sering merasa lelah walau melakukan aktifitas yang ringan serta terjadi pembengkakan pada kaki. Sedangkan ciri dari serangan jantung koroner yaitu terjadinya penyumbatan pembuluh darah terutama pada arteri karena mengeras, sehingga peredaran darah yang menyuplai darah kejantung mengalami masalah yang serius.

Biasanya sering sekali para penderita penyakit jantung mengalami keterlambatan dalam penanganan, ini disebabkan oleh karena kurangnya pengetahuan akan gejala-gejala yang ditimbulkan pada penyakit jantung. Untuk itu, pahami gejala-gejala yang ditimbulkan akibat penyakit jantung yaitu :

Gejala Penyakit Jantung

  1. Nyeri Dada
Nyeri dada yang ditimbulkan dapat berbeda pada setiap orang yang mengalaminya. Bahkan bagi seseorang yang menderita kekurangan aliran darah tidak akan merasakan sakit apapun. Hal ini merupakan suatu keadaan yang disebut dengan silent ischemia.
  1. Sesak nafas
Gejala sesak nafas merupakan suatu gejala yang sering ditemukan pada seseorang yang menderita gagal jantung. Hal ini diseababkan oleh karena masuknya adanya cuatu cairan yang masuk kedalam rongga udara yang terdapat pada organ paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner)
  1. Kelelahan
Jika kurang efektifnya kerja jantung dalam memompa darah. Maka dapat berkurangnya aliran darah menuju otot selama melakukan aktivitas, sehingga dapat berakibat penderita merasa kelelahan. Gejala ini sering kali bersifat ringan dan untuk mengatasinya, para pederita biasanya sering mengurangi aktivitas fisiknya karena sering dikira gejala ini merupakan bagian dari gejala penuaan.
  1. Sering merasakan gejala jantung berdebar cukup kencang secara tiba-tiba (PALPITASI)
  2. Sering merasa pusing dan pingsan
Hal ini disebabkan oleh karena kerja jantung dalam memompa kurang maksimal, maka dapat menyebabkan terjadinya penurunan aliran darah. Sehingga penderita akan sering merasa pusing dan pingsan.

Mencegah Penyakit Jantung

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung, serta membuat jantung lebih sehat dan dapat bekerja optimal. Dibawah ini adalah cara mencegah penyakit jantung;
  • Megatur pola makan yang seimbang hal ini sangat membantu menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat.
Biasakanlah mengkomsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan gizi yang beragam seperti mengkomsumsi buah alpukat, kacang – kacangan, sayuran terutama sayur bayam. Bayam merupakan sayuran yang sangat baik bagi kesehatan jantung, karena dalam sayur bayam terkandung banyak kalium yang sangat tinggi serta rendah akan sodium yang sangat baik untuk kesehatan jantunng. Buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, karena dalam buah alpukat terkadung 7 jenis kalium serta kandungan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan jantung anda yaitu vitamin E. Ada dua jenis kacang yang baik bagi kesehatan jantung yaitu, kacang almond an kacang mete. Karena dalam kacang alamond dan kacang mete  terkandung omega 3 yang sangat baik bagi kesehata jantunng.
  • Sangat penting menjaga berat badan agar tetap ideal.
Hal ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung anda. untuk mengetahui apakah berat badan anda ideal, cara cukup mudah anda dapat menghitung tinggi badan di kurangi 100 kemudian dikalikan 90 %. Maka anda akan memperoleh berat badan yang ideal. Contoh tinggi badan 150 ( 150 – 100 ) * 90 % = 45 Kg.

Nah, demikianlah artikel yang membahas mengenai ciri penyakit jantung plus pencegahnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pacuan untuk hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top