Menu

300x250px

Alzheimer Pikun Hilang ingatan

Penyebab Alzheimer (penyakit lupa ingatan di masa tua atau pikun) dan bagaimana tips agar tidak cepat lupa ?. Galau di masa muda salah satunya, oleh karena itu jangan sering galau di masa muda jika tidak ingin kena Alzheimer.

Anak muda yang sering galau bisa berbahaya di masa tua, benarkah ? Kebiasaan galau sering dialami anak muda, ya hal ini wajar dan dapat dimaklumi. Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut dapat beujung berbahaya. Mari simak penjelasan berikut ini.

Alzheimer adalah penyakit lupa ingatan di masa tua atau pikun. Menurut Kusuma Dewi Suharya, dari sebuah yayasan nonprofit yang berfokus pada penanganan Alzheimer yaitu ALZI (Executive Director Alzheimer’s Indonesia) menegaskan bahwa “galau bisa memicu Alzheimer”, “Setop drama. Setop galau karena dampaknya bisa sampai tua,”  Kata DY Suharya setelah menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan, Rabu 13-Agustus-2014.

Berdasarkan catatan dari ALZI bahwa, rata-rata jumlah penderita Alzheimer pada tahun 2013 mencapai satu juta orang di Indonesia. Jumlah tersebut diperkirakan akan naik terus tiap tahunnya. Bahkan ALZI memperkirakan akan naik drastis dua kali lipat di tahun 2030 dan sekitar empat juta penderita di tahun 2050.

Biaya perawatan untuk penyakit ini sangatlah tinggi. Di Jakarta, biaya yang dikeluarkan untuk satu orang penderita Alzheimer bisa hingga Rp7 10 juta per bulannya kata DY. Sungguh jumlah uang yang sangat mengerikan bukan ?

Penyebab utama penyakit Alzheimer adalah faktor genetis yang dipicu stres, depresi dan bisa juga karena gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dengan pola makan sehat dan olahraga minimal 150 menit per minggu, dengan aktivitas itu meurapakan cara supaya terhindar dari potensi terkena Alzheimer di usia lanjut.

Permasalahan utama Alzheimer di Indonesia dipicu kurangnya pemahaman masyarakat. Mereka cenderung menganggap pikun adalah hal biasa pada lansia. Warga juga seringkali tak memahami gejala penyakit ini. Akibatnya, banyak kasus orang tua yang hilang atau tersesat karena pikun.
Adapun permasalahan utama Alzheimer di Indonesia dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat tentang Alzheimer ini dan kebanyakan orang yang menganggap pikun adalah hal biasa pada lansia.

Banyak kasus lansia hilang karena tersesat, dan kasus dimana anak yang memarahi orang tua karena kepikunannya. Kata DY, “Padahal Alzheimer bisa diantisipasi,”. Salah satu langkahnya yaitu dengan deteksi dini, hal ini bisa dilakukan dengan biaya yang tidak cukup mahal, cukup dengan Rp. 300 ribu saja di Klinik Memory RSUP Dr Sardjito, satu satunya rumah sakit di DIY Jakarta yang melayani hal ini.
Itulah sedikit informasi tentang penyakit Alzheimer, semoga bermanfaat sehingga kita tahu penyebab Alzheimer ini alias penyakit lupa ingatan di masa tua atau pikun.

Tips Agar Tidak Cepat Pikun Atau Sering Lupa

Tips agar tidak cepat pikun atau sering lupa-daya ingat yang kuat merupakan hal penting untuk dimiliki setiap orang. Tetapi bagi sebagian orang ada yang sering lupa dalam mengingat sesuata hal dalam hidupnya, masalah daya ingat ini sering terjadi pada usia senja dan bahkan tidak menutup kemungkinan usia muda juga dapat mengalami masalah seperti ini. Hal ini dikarenakan daya ingat seseorang semakin bertambah usia, maka semakin menurunnya daya ingat seseorang. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips agar tidak cepat pikun atau sering lupa.
  1. Untuk mencegah atau meningkatkan daya ingat, kita mesti rutin melakukan senam otak. Cara mlakukan senam otak sangatlah mudah, kita coba untuk mengingat kembali masa lalu seperti beberapa nama teman dekat sewaktu sekolah, menyebutkan beberapa judul lagu yang kita sukai dan lain-lain. Cara ini sangatlah ampuh dalam melatih daya ingat seseorang, sehingga jika ita rutin melatih dengan cara senam otak maka daya ingat kita akan terjaga dan terhindar dari pikun.
  2. Lain itu juga kita dapat mngkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi untuk otak kita seperti buah bit, buah bluberry, buah pisang, brokoli, dan bawang marah. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga daya ingat, karena mengandung nutrisi yang baik untuk otak kita terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.
  3. Cara lain untuk menjaga daya ingan atau mencegah pikun, anda dapat minum air putih secara rutin dan teratur sebanyak 6-8 gelas perhari. Hal ini dikarenakan, meminum air putih yang cukup sangat bermanfaat dalam membantu organ-organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.
  4. Istirahat yang cukup juga merupakan cara alami untuk menjaga daya ingat, karena dengan tidur yang cukup apat berfungsi untuk mengembalikan fungsi otak secara optimal. Sehingga pada saat bagun tidur, otak akan kembali segar dapat bekerja dengan maksimal. Tetapi jika dipaksakan akan berakibat buruk untuk kerja otak, sehingga dapat menimbulkan sering pusing dan daya ingat pun akan cepat menurun.
  5. Tips lain agar tidak cepat pikun, anda mesti merilekskan otak anda dengan cara melakukan aktivitas yang anda sukai seperti liburan bersama keluarga, memancing, olahraga dan aktivitas lainnya yang tidak memberatkan otak anda. Untuk itu, jika anda mengalami stress dengan pekerjaan maka bebaskan pikiran anda sejenak untuk mengembalikan fungsi otak agar tidak mengalami kelelahan.
  6. Cara terakhir, anda dapat melakukan olahraga asah otak seperti bermain catur dan permainan asah otak lainnya yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anda. Karena jika otak kita jarang kita gunakan untuk berfikir, maka otak akan sulit untuk mengingat sesuatu.
Demikianlah beberapa tips agar tidak cepat pikun atau sering lupa, semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top