Menu

300x250px

Cara Alami Mengobati Sariawan

Bagaimana cara mengobati sariawan secara cepat dengan obat alami yang dapat diramu sendiri dirumah. Biasanya sariawan dapat dengan sendirinya sembuh tanpa diobati, tetapi dengan pengobatan tentunya akan lebih cepat lagi proses penyembuhannya. Jika Anda mengalami sariawan di bagian dalam pipi, gusi, dan sekita bibir tentunya merasa tidak nyaman karena mau makanpun susah.

Penyebab Sariawan

Sariawan merupakan gangguan permukaan kulit pada mulut, baik mulut bagian luar atau dalam. Ada banyak  penyebab terjadinya sariawan diataranya yaitu karena terlalu berlebihan memakan makanan pedas, infeksi jamur pada luka dalam rongga mulut, kekurangan vitamin C, daya tahan tubuh menurun, dan panas dalam.
Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Bahan Alami Untuk Mengobati Sariawan

1. Kelapa
Ada beberapa cara mengobati sariawan dengan kelapa. Cara pertama yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa tepat pada bagian yang terkena sariawannya, hal ini berguna untuk mengurani rasa nyeri dan peradangan. Cara kedua yaitu dengan mengunyah kelapa kering. Cara ketiga yaitu dengan meminum air kelapa muda atau dawegan, hal ini berguna untuk mendinginkan tubuh dari panas dalam.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi dapat mengobati sariawan karena memiliki sifat medis dalam upaya penyembuhan sariawan. Caranya yaitu cukup dengan mengunyah beberapa gelai daun dengan air, lakukan sebagai kumur-kumur beberapa kali dalam sehari. Selain itu juga daun kemangi dapat menembuhkan penyakit maag.

3. Air Garam
Air garam membantu mensterilkan sariawan. Caranya satu sendok garam dicampur dengan segelas air hangat, lalu pakailah untuk kumur-kumur dan diamkan beberapa saat. Ulangilah beberapa kali dalam sehari untuk memperoleh hasil maksimal.

4. Es
Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan es pada bagian yang terkena sariawan. Hal ini berguna untuk mengurangi pembekakan, mengurangi peradangan dan mematikan rasa sakit.

5. Kunyit
Bahan alami untuk mengobati sariawan yang terakhir adalah kunyit. Caranya, campurkan kunyit dengan satu sendok glisering lalu oleskan pada area yang yang terkena sariawan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top