Menu

300x250px


Manfaat Pisang Untuk Diet

Manfaat pisang untuk diet – Semua kandungan nutrisi dalam pisang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh, maka tak heran jika buah pisang ini banyak sekali manfaatnya bagi manusia.
Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, kecantikan dan yang akan saya bahas kali ini yaitu manfaat buah pisang untuk diet. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pisang yaitu diantaranya vitamin C, B1, B2, B3, betakaroten, kalsium, kalium, protein, zat besi, lemak, fosfor, kalori dan serat.

Peranan Pisang dalam Membantu Diet Anda

Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai manfaat buah pisang dalam membantu diet, diantaranya yaitu :
  1. Dapat menjaga daya tahan tubuh
Mengkonsumsi buah pisang pada saat menjalankan program diet, terbukti bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap segar dan fit. Hal ini disebabkan pada kandungan vitamin C yang membantu dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak lemah.
  1. Dapat mencegah penyakit maag
Pada saat menjalankan program diet, pasti tubuh kita akan berkurang dalam asupan makanan selama beberapa hari bahkan bulan. Dalam menjalankan program diet, apabila tidak dibarengi dengan makan pisang dapat berakibat terkena penyakit maag. Untuk itu, sangat disarankan dalam menjalankan program diet harus didampingi dengan mengkonsumsi buah pisang setiap hari karena buah pisang juga dapat menggantikan nasi yang efeknya dapat mengenyangkan.
  1. Dapat melancarkan saluran penernaan
Mengkonsumsi buah pisang setiap hari, terbukti sangat ampuh dalam mengatasi masalah susah buang air besar. Hal ini juga dapat membantu program diet karena serat yang terdapat pada buah pisang dapat mengubah makanan menjadi sumber energy yang dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga berat badn pun akan berangsur-angsur menurun.

 Pola Makan Program Diet dengan Pisang

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan pola makan sehari-hari dalam menjalankan diet yang sehat. Berikut ini merupakan pola makan yang harus di taati dalam menjalankan program diet.
  • Pertama-tama dimulai dengan sarapan pagi, makan buah pisang matang sampai anda merasa kenyang tanpa harus diamasak dan tanpa di beri tambahan bahan lain. Setelah itu minum 1 gelas air hangat. Usahakan agar anda tidak memakan apapun sampai tiba waktu makan siang terkecuali minum air putih karena sangat dianjurkan.
  • Pada saat makan siang usahakan menu makanannya tidak yang mengandung lemak, tetapi usahakan untuk mengkonsumsi sayu-sayuran dan dengan nasi merah setengah porsi dari banyaknya nasi yang biasa anda makan.
  • Pada saat tiba waktu makan malam, usahakan waktunya dibawah jam 8 dengan menu makanan yang sehat tetapi rendah lemak. Porsinya juga secukupnya saja dan hindari mengkonsumsi makanan penutup tetapi perbanyak minum air putih.
  • Terakhir, di wajibkan untuk rutin berolah raga setiap hari karena tanpa di imbangi dengan olahraga hasilnya pun tidak akan maksimal.

Di Jepang, Pisang Untuk Diet Dikenal Dengan Istilah“morning banana diet”

Di negara Jepang buah pisang dijadikan sebagai menu diet dalam menurunkan berat badan atau lebih dikenal dengan istilah “morning banana diet”. walapun buah pisang memiliki banyak kandungan karbohidrat, tapi ternyata di jepang sendiri buah pisang di percaya sebagai salah satu cara untuk melakukan diet. morning banana diet yaitu seseorang di perkenakan untuk mengkonsumsi pisang sebagai menu sarapan pagi. Untuk menu makan malam dan siang memang tidak ditentukan, tetapi sebagai makanan selingan atau cemilan harus mengkonsumsi buah ini saja. selain itu dalam melakukan diet ini seseorang tidak dibolehkan untuk makan malam lewat jam 8 malam serta harus beristirhat malam atau tidur sebelum tengah malam.
Morning banana diet memang dipercaya mampu menurunkan berat badan secara cepat dalam jangka waktu yang terbilang cukup singkat. Dalam menurut penelitian hal tersebut dikarenakan :
  • Buah pisang merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik, karena kandungan serat tersebut dapat memperpanjang rasa kenyang lebih lama serta mendorong kalori untuk menuju sistem pencernaan sebelum diserap oleh tubuh.
  • Pisang juga diperccaya mampu meningkatkan pembakaran lemak 20 sampai 25 persen.
Demikianlah informasi mengenai manfaat buah pisang untuk diet, semoga informasi ini dapat bemanfaat dan selamat mencoba.
 
Top