Menu

300x250px


Diet Golongan Darah

Diet golongan darah merupakan salah satu metode diet yang populer digunakan masyarakat. Apa jenis golongan darah Anda A, B, O, atau AB ? Metode diet ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang naturopatis Amerika Serikat Dr. Peter J. D’adamo. Diet menurut golongan darah dianggap memiliki potensi keberhasilan yang lebih tinggi daripada metode diet lainnya. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang dikonsumsi dalam metode ini diet memang didasarkan pada golongan darah yang masing-masing mempunyai sifat bawaan genetika yang khas. 

Penerapan asupan gizi pada seseorang yang mempunyai golongan darah O akan berbeda dibandingkan pada mereka yang mempunyai golongan darah AB misalnya. Golongan darah seseorang mempunyai karakter bawaan genetik yang membedakan dari golongan darah orang lain, dengan adanya perbedaan ini juga akan mempengaruhi jalannya metabolisme yang terjadi dalam tubuh masing-masing orang, termasuk sistem penyerapan makanan dan pencernaan yang berpengaruh besar terhadap berat tubuh seseorang. Dengan mengkonsumsi asupan makanan yang sesuai dengan karakter khas golongan darah, anda akan dapat mengontrol jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Diet Golongan darah A, B, O, dan AB

Dalam menjalankan program diet ini, jenis makanan diklasifikasikan menjadi tiga golongan yaitu golongan sangat baik, cukup dan buruk. Jenis makanan yang dikategorikan sebagai makanan sangat baik yaitu jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan penyembuh, sedangkan jenis makanan golongan cukup terdiri dari jenis makanan yang jika dikonsumsi tidak menimbulkan efek apapun dan yang terakhir jenis makanan yang tergolong kedalam kategori buruk yaitu jenis makanan yang mesti dihindari dikarenakan jika dikonsumsi dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda.
Berikut ini merupakan berapa makanan yang dianjurkan dan dihindari oleh masing-masing golongan darah.
  1. Golongan darah A

Jenis darah yang satu ini sangat cocok bagi seseorang untuk menjadi vegetarian, sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi aneka jenis buah dan sayur. Sedangkan jenis olahraga yang cocok yaitu dengan melakukan aktivitas olahraga ringan seperti berjalan kaki, tai chi atau olahraga ringan lainnya.
Untuk anda yang mempunyai golongan darah A sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi, seperti: seafood, makanan yang terbuat dari olahan kedelai seperti tempe dan tahu. Dan juga buah seperti: nanas, apel, anggur, strawberry dan semangka.
Kemudian makanan yang perlu anda waspadai yaitu: daging merah meliputi: daging sapi dan kambing. Lalu jenis buah dan sayur yang dihindari dalam diet golongan darah jenis ini yaitu pisang, mangga, jeruk, pepaya, buncis dan kelapa
  1. Golongan darah B

Golangan darah jenis B merupakan jenis golongan darah yang memiliki tingkat antibody paling tinggi di bandingkan dengan jenis golongan darah lainnya, sehingga seseorang tersebut biasanya akan jarang terserang penyakit.
Untuk anda yang mempunyai golongan darah B sebaiknya banyak mengkonsumsi telur, daging dan buah-buahan seperti pisang, anggur, nanas, pepaya, apel dan semangka serta sayur-sayuran seperti: brokoli, terong, wortel, bayam dan kubis.

Kemudian makanan yang perlu anda waspadai yaitu: daging ayam, seafood, kacang-kacangan seperti: tauge, kedelai dan kacang tanah dan buah-buahan seperti: belimbing, delima, mangga dan kelapa. Juga sayur-sayuran seperti: jagung, labu dan lobak.
  1. Golongan darah O

Untuk anda yang mempunyai golongan darah O sebaiknya mulai perbanyak  konsumsi daging merah, seafood, dan buah-buahan seperti: apel, nanas, jambu biji dan pepaya. Serta konsumsi sayur-sayuran seperti: parsley, labu, wortel dan brokoli.
Kemudian makanan yang perlu anda waspadai yaitu: daging sapi, susu dan produk susu, kopi dan teh. Untuk buah-buahan yang perlu dihindari yaitu jeruk, melon, alpukat, kelapa dan kiwi.. Juga sayur-sayuran seperti: kentang, kubis dan kembang kol.
  1. Golongan darah AB

Jenis golongan darah ini merupakan jenis yang sangat langka dan sangat unik. Hal ini dikarenakan, seseorang yang memiliki golongan darah AB sangat rentan terkena penyakit walaupun jenis makanan yang mereka konsumsi tidak dibatasi seperti pada seseorang yang memiliki golongan darah lainnya.
Untuk anda yang mempunyai golongan darah AB sebaiknya mengkonsumsi kacang kedelai dan hasil olahannya, seafood, serta biji-bijian dan kacang-kacangan, untuk buah-buahan perbanyaklah konsumsi anggur, nanas, semangka, dan buah berry. Juga perbanyak konsumsi sayur seperti:seperti: pisang, anggur, nanas, pepaya, apel dan semangka serta sayur-sayuran seperti: brokoli, terong, kembang kol, wortel dan parsley.

Kemudian makanan yang perlu anda waspadai yaitu: daging ayam dan sapi, kopi dan teh, serta berbagai olahan tepung terigu. Untuk buah-buahan sebaiknya anda  menghindari: kelapa, delima, mangga, jambu biji dan belimbing. Juga hindari sayur-sayuran seperti: jagung, lobak, tauge dan jamur.
Jika anda ingin lebih efektif dalam menjalani program diet, maka tidak ada salahnya mencoba diet golongan darah untuk membantu dalam proses diet Anda.
 
Top