Menu

300x250px

Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes atau juga sering disebut kencing manis adalah penyakit gangguan sistem metabolisme tubuh yang berakibat pada meningkatnya kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi karena pankreas sebagai organ tubuh yang berfungsi sebagai penghasil insulin mengalami gangguan sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Hormon insulin dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Dengan berkurangnya hormon insulin dalam tubuh menyebabkan glukosa tidak dapat diserap maksimal oleh tubuh. Dengan demikian glukosa akan terus menumpuk di dalam darah dan menyebabkan penyakit diabetes.
Penyebab dari penyakit diabetes secara umum adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang beraktifitas, kurang beristirahat, stress dan kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol, walaupun penyakit ini juga bersifat degeneratif atau keturunan.

Wawpada Penyakit Diabetes
Penyakit ini memang lebih beresiko terhadap keturunan seorang penderita diabetes. Kondisi ini memang sulit untuk dikontrol. Akan tetapi dengan menjaga pola hidup yang baik dan sehat akan dapat mengurangi resiko terkenapenyakit diabetes.

Gejala Penyakit Diabetes Secara Umum

Beberapa gejala berikut ini sebaiknya anda ketahui dan waspadai agar dapat dilakukan pencegahan sehingga tidak berlanjut pada kondisi yang semakin parah.
  • Poliuri
Yaitu penderita diabetes sering buang air kecil dalam jumlah banyak, biasa terjadi pada malam hari.
  • Polidipsi
Yaitu penderita diabetes sering merasa haus sehingga banyak minum.
  • Polifagi
Yaitu penderita diabetes sering merasa cepat lelah dan lemas.
Gejala lainnya yang sering terjadi pada penderita diabetes diantaranya: berat badan turun dengan cepat, sering kesemutan dan luka yang sulit sembuh. Supaya terhindar dari penyakit diabetes, sebaiknya menerapkan pola hidup sehat, perbanyak makan buah dan sayur, perbanyak aktifitas fisik dan olah raga rutin, hindari merokok dan konsumsi alkohol. Terlalu banyak beban pikiran juga bisa memicu penyakit ini, karenanya hindari stress. Dengan menerapkan beberapa hal diatas maka anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top