Menu

300x250px


Makanan Untuk Diet

Tips memilih makanan untuk diet. Memberi alternatif makanan untuk diet yang dapat mendukung program diet dengan tetap memenuhi unsur gizi seimbang. Makanan diet perlu dikonsumsi bagi mereka yang ingin sukses dalam menjalani program diet. Makanan untuk diet merupakan makanan yang tetap mengandung gizi seimbang dengan jumlah kalori terkontrol. Walaupun anda sedang menjalani program diet, bukan berarti anda tidak beraktifitas sama sekali. Tentunya anda tetap menjalankan aktifitas keseharian.

Untuk itu tetap diperlukan asupan gizi dari makanan. Nah, berikut ini merupakan beberapa makanan untuk diet yang dapat membantu anda selama menjalani program diet.
  1. Pilihlah pengganti makanan pokok (karbohidrat) yang rendah kalori
Dalam menjalani program diet, masukan jumlah kalori tentunya menjadi perhatian khusus. Dalam beraktifitas anda akan memerlukan karbohidrat, semakin padat aktifitas anda akan semakin banyak pula karbohidrat yang anda butuhkan. Karena dari karbohidrat inilah yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi identik pula dengan jumlah kalorinya yang tinggi. Contohnya adalah beras sebagai makanan pokok yang umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Akan tetapi,  bagi anda yang sedang menjalani diet tidak perlu khawatir, ada makanan-makanan lain yang memiliki jumlah karbohidrat yang tinggi namun rendah kalori, sehingga anda tetap dapat beraktifitas seperti biasa. Makanan-makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi rendah kalori misalnya umbi-umbian, oatmeal dan beras merah.

  1.  Hindari makanan dengan kandungan kalori (lemak) yang tinggi
Makanan untuk diet dengan kandungan kalori yang tinggi akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang tidak sehat bagi tubuh. Konsumsi makanan dengan kalori tinggi juga beresiko mengundang penyakit yang berbahaya, seperti: tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, diabetes, gangguan pada ginjal dan lain sebagainya. Oleh karena itu jika sedang menjalani diet sebisa mungkin hindari makanan yang berlemak,seperti: daging merah, jeroan, dan makan cepat saji.
  1.  Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Tidak perlu diragukan lagi bahwa mengkonsumsi banyak buah dan sayur sangat baik manfaatnya bagi anda yang sedang menjalani program diet. Berbagai kandungan vitamin, mineral serta zat-zat senyawa alami dalam buah memberikan banyak keuntungan bagi tubuh sekaligus membantu anda selama menjalani diet. Kandungan lemak dan kalori dalam buah dan sayur-sayuran hijau relatif kecil sehingga anda tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsinya. Banyak pilihan buah dan sayur yang dapat menjadi alternatif dalam membantu program diet anda misalnya buah apel, pisang, melon, semangka, nanas dan lain sebagainya. Pilihan sayuran pun beraneka ragam anda dapat memilih kubis, brokoli, atau yang lainnya. Selain berguna untuk mendukung program diet anda, dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah juga baik bagi tubuh anda secara keseluruhan, seperti menjalankan fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai tambahan nutrisi.

Mungkin Anda juga ingin tahu cara menambah berat badan dengan aman. Dengan manfaat yang begitu banyak, maka jangan ragu untuk mencoba makanan untuk diet.
 
Top