Menu

300x250px


Obat Wasir Alami


Obat herbal wasir yang alami sebaiknya menjadi pilihan utama, karena wasir terjadi pada saluran anus yang sangat sensitive, jadi sebisa mungkin gunakan obat yang alami. Wasir a merupakan  penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah (vena) yang terdapat di bagian bawah saluran usus, bisa terjadi di sebelah dalam maupun di sebelah luar lubang anus.  Penyakit wasir ini mengakibatkan terjadinya pembengkakan dan gangguan aliran darah pada daerah sekitar anus. Gejala wasir yang sering muncul diantaranya: pendarahan di sekitar dubur, merasa masih ada feses yang belum dikeluarkan, meski BAB sudah selesai, dan terasa gatal dibagian anus yang sulit untuk dibersihkan. Rasa gatal tersebut bisa disebabkan karena adanya virus yang menimbulkan infeksi pada kulit.

Beberapa sebab pemicu wasir adalah kurangnya konsumsi serat dalam makanan yang dikonsumsi, kebiasaan buang air besar yang tidak teratur/ konstipasi, kurang berolah raga, dan aktifitas duduk yang terlalu lama. Berikut ini merupakan obat herbal wasir yang bisa anda coba.

Obat Wasir Alami

  • Handeuleum untuk obat wasir alami
Handeuleum obat wasirDaun handeuleum sebagai obat wasir karena banyak mengandung senyawa flavonoid yang bersifat antinflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan, nyeri dan pendarahan pada anus. Selain itu juga mengandung unsur kimia, antara lain alkaloid, flavonoid, glikosid, steroid, serta zat alami laint yang mempunyai sifat melunakkan tinja, sekaligus yang membantu memperlancar pengeluaran tinja.

Cara mengolahnya menjadi obat untuk wasir yaitu siapkan 7 lembar daun handeuleum kemudian cuci bersih. Rebus daun handeuleun dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyusut menjadi 1 gelas. Minum air rebusan handeuleum sekali sehari sampai wasir hilang.
  • Jawer kotok untuk obat wasir alami
Jawer kotok untuk obat wasir alamiJawer kotok merupakan tanaman obat wasir sangat populer. Tanaman yang dikenal juga sebagai daun iler ini mudah diperoleh. Umumnya ditanam sebagai tanaman hias pembatas kebun. Daun ini mengandung senyawa thymol, karvakrol, eugenol, metileugenol, dan etil salisilat. Thymol mempunyai sifat antelmintik dan antiseptik. Karvakrol merupakan senyawa bersifat disinfektan, antifungal, dan antelmintik. Eugenol dapat menghilangkan rasa nyeri. Sedangkan etil salisilat mempu meredakan iritasi. Sifat dari senyawa yang dikandung daun jawer kotok inilah yang mampu mengatasi wasir.
Cara mengolah daun jawer kotok sebagai obat herbal wasir yaitu siapkan 12 lembar daun jawer kotok dan cuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyusut menjadi 1 gelas air. Minum  air rebusan daun jawer kotok sekali sehari lakukan secara teratur sampai wasir menghilang.

Selain dengan mengkonsumsi tanaman herbal diatas, sebaiknya anda juga melakukan beberapa hal yang dapat mencegah timbulnya wasir seperti: Hindari pekerjaan yang mengharuskan anda banyak duduk, mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran segar dan melakukan olah raga ringan secara teratur.
Sangat penting bagi anda sebelum mencoba pengobatan dengan obat-obatan kimia, cobalah dahulu obat herbal wasir.

Tahukah anda, makanan apa saja yang dapat mengatasi wasir? Memiliki masalah dengan wasir pastinya aktivitas yang biasa dijalankan sehari-hari pun akan terganggu. Pemicu masalah wasir ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang beberapa diantaranya yaitu seperti obesitas, terlalu lama duduk, gangguan saluran pencernaan kronis, melakukan program diet rendah serat dan juga dapat terjadi pada masa kehamilan. Biasanya, jika wasir yang diderita belum terlalu parah dapat sembuh dengan sendirinya. Selain dengan rutin mengkonsumsi obat yang disarankan dokter, melakukan perubahan pada pola makan yang tidak sehat juga dapat mencegah dan juga meringankan gejala wasir ini.

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

Nah, apakah anda tahu makanan apa saja yang dapat mengatasi gejala wasir?
Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi masalah wasir, diantaranya yaitu :
  1. Didalam biji gandum terdapat kandungan serat yang sangat tinggi, kandungan serat tersebut mampu mengatasi berbagai gangguan pada saluran pencernaan dan juga mengatasi berbagai masalah pencernaan yang salah satu diantaranya yaitu sulit buang air besar. Selain itu, kandungan serat juga dapat berperan penting dalam mengikat lemak jenuh yang banyak ditemukan pada makanan.
  2. Minuman yoghurt dan kefir
Menurut dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa para ahli di University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa yoghurt dan juga kefir sangat bermanfaat untuk membantu mencegah dan juga mengatasi masalah wasir. Hal ini dikarenakan, yoghurt memiliki kandungan probiotik yang dapat melindungi bagian dinding usus dan juga dapat membantu memperbaiki fungsi dan kerja usus. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, cobalan konsumsi yoghurt  yang kaya akan kandungan kultur aktif seperti lactobacillus bifidus.
  1. Sayuran dan juga buah-buahan
Dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan setiap harinya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan buang air besar, meringankan tegang pada otot dan juga dapat mengatasi sembelit. Sebelum anda mengkonsumsi buah dan sayur, sebaiknya pilih jenis buah dan sayur yang kaya akan kandungan serat seperti aneka sayuran hijau, brokoli, kacang-kacangan, labu, buah apel, alpukat dan juga buah pir.
  1. Minum air putih
Cukupi cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya, namun sebaiknya anda menjauhkan minuman seperti minuman beralkohol, kafein dan juga aneka minuman manis. Hal ini dikarenakan, terlalu sering mengkonsumsi minuman tersebut dapat memperburuk keadaan. Selain itu, terapkan pola makan yang sehat dan baik. Serta mengkonsumsi ramuan herbal yang mengandung Hemorid juga sangat baik untuk diberikan, karena mampu meringankan rasa nyeri, pendarahan pada wasir dan juga mengecilkan benjolan wasir tersebut..
Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi wasir. Semoga informasi yang saya coba jelaskan diatas dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda semua, selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.
Terbaru
Posting Lebih Baru
Sebelumnya
Artikel ini adalah posting terakhir ..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top